Pages

Minggu, 08 Januari 2012

Cara Menguji atau Mengecek Antivirus

Assalamualaikum wr.wb
      Hai kawan bagaimana kabarnya hari ini ? seperti guruku yang selalu bilang jawabannya (alhamdullilah luar biasa allahu akbar) baiklah kali ini saya akan posting yaitu bagaimana caranya menguji antivirus atau mengetes antivirus anda dirumah, apakah bekerja dengan baik atau tidak ?   memang bayangkan jika kita memakai antivirus tapi tidak bisa mendeteksi adanya virus wah itu sangat berbahaya, cara ini tidak berbahaya kawan karena file yang kita buat ini berkarakter ASCII yg akan dideteksi sebagai virus oleh antivirus tetapi file ini menyembunyika kode berbahaya didalamnya dan jika kita simpan lalu antivirus anda mendeteksi adanya virus palsu tsb. berarti antivirus anda aktif dan siap memberi perlindungan kepada komputer anda, 
Untuk itu ayo kita bahas bersama sama bagaimana caranya menguji antivirus kita ayo perhatikan baik baik :

Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Notepad
2. Copy string karakter di bawah ini ke dalam Notepad

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

3. Simpan file dengan memilih File - Save as
4. Pada bagian Save as type, pilih opsi All files. Ketik nama file ‘eicar.com’ tanpa tanda petik pada bagian File name. Pilih lokasi di tempat Anda ingin menyimpan file ini lalu klik tombol Save.

Jika antivirus Anda sudah benar konfigurasinya, maka seharusnya antivirus Anda langsung mendeteksi keberadaan virus Eicar.

Namun, jika antivirus Anda tidak mendeteksi apapun, maka ada masalah. Bisa karena dua alasan : konfigurasi proteksi yang tidak benar atau ada masalah saat installasi antivirus.
Jika masih saja tidak terdeteksi setelah dua alasan di atas diperbaiki, maka Anda harus segera mengganti antivirus Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar